Pages

Sunday 15 April 2012

Taipei 101

    Taipei World Financial Center atau lebih dikenal sebagai Taipei 101 merupakan landmark yang berlokasi di district Xinyi, Taipei, Taiwan.
         Bangunan tertinggi kedua di dunia Gedung ini memiliki tinggi 509 meter atau 1.671 kaki dan memiliki damper terbesar di dunia, yang didesain untuk menjaga ketahanan Taipei 101 dari gempa dan taifun yang sering melanda Taiwan. Damper ini kemudian menjadi maskot Taipei 101 dan dikenal dengan nama Damper Baby. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu penggunaan jaringan komunikasi menggunakan fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 GBps. Luas total Taipei 101 mencapai 450.0002 dengan 214.000 meter untuk perkantoran, 77.500 untuk perdagangan dan 73.000 untuk tempat parker. Pada Juli 2011, Taipei 101 mendapatkan award sebagai The Tallest And Largest Green Building In The Word oleh Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) rating system. Ini dikarenakan Taipei 101 memiliki sistem yang sangat hemat dalam sistem pemakaian energi dan dalam pemilihan bahan bangunannya.
      Taipei 101 memiliki 101 lantai dan 5 lantai basement. Arsitektur bangunan dirancang sebagai simbol dari evolusi teknologi dan tradisi asia. Pendekatan post-modern dengan elemen desain tradisional berpadu menghasilkan bangunan yang modern dan  anggun. Dari interior dan eksterior bangunan menggabungkan unsur klenteng china yang berbentuk bunga bambu,nomor 8 (delapan) yang dianggap sebagai nomor keberuntungan karena bentuknya yang tidak putus dan disematkan dengan jelas pada bentuk eksterior bangunan.
        Untuk naik ke lantai 88 digunakan lift. Kecepatan optimumnya mencapai 1.010 meter per menit ketika bergerak naik dan 600 meter per menit saat turun. Sebelumnya pengunjung harus membeli tiket senilai 400 $NT atau berkisar antara Rp 120.000 dan menunggu di antrean yang cukup panjang.


      Suasana dalam lift yang dipandu oleh seorang petugas terbilang menarik. Dengan lampu yang dipadamkan kita diajak melihat permainan lampu yang menggambarkan tata surya. Yang menjadi catatan penting adalah jangan lupa melakukan pelegaan pada hidung atau pendengaran kita akan terganggu akibat tekanan yang begitu besar. Dari observatory room kita dapat melihat pemandangan Taipei yang terlihat indah dari lantai tertinggi yang diperbolehkan. Bagi pengunjung yang ingin melihat lebih jelas dapat menggunakan teropong yang dapat diaktifkan dengan memasukkan koin 10 $NT. Khusus untuk anak kecil di bawah 12 tahun diperbolehkan untuk menaiki podium teropong.

        Di lantai ini juga tersedia berbagai macam barang, souvenir, makanan yang dapat dibeli pengunjung. Dari segi pemasaran, pengemasan dan promo yang memikat sangat membantu industri pariwisata Taiwan berkembang pesat. Budaya antri di sini sangat bagus, meskipun begitu pada saat mengantri untuk turun seorang pria menerobos pembatas antrian. Hal ini dianggap mengganggu kenyaman pengunjung lain sehingga seorang petugas dengan cepat menegur dan orang tersebut langsung mematuhi perintahnya.








No comments:

Post a Comment