Pages

Friday 13 April 2012

Bangun Lingkungan !

PEMBANGUNAN dan LINGKUNGAN



    Pembangunan = Dependensia – “delivered development” = kebijakan ditentukan dari atas (birokrat) untuk dilaksanakan oleh seluruh rakyat.
   Pembangunan = Pembangunan Manusia seutuhnya – pembangunan meliputi seluruh aspek kehidupan manusia dan lingkungan – Pembangunan berwawasan lingkungan – pembangunan berkelanjutan - Manusia sebagai sentral dalam sistem lingkungan – manusia sadar lingkungan
     Pembangunan Berwawasan Lingkungan – Pembangunan Berkelanjutan (“Sustainable Development”)  



Hal-hal yang perlu perhatian dalam upaya pembangunan berkelanjutan:
  1. Penemuan “teknologi baru” – yang bersifat eksploitatif – menekankan produksi untuk memenuhi kebutuhan (terutama kebutuhan kehidupan) manusia – banyak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan – pengurasan Sumberdaya Alam dan Pencemaran.
  2. Penerapan, penggunaan “teknologi baru” – robot, mesin-mesin, untuk menggantikan tenaga manusia – menimbulkan kesenjangan sosial – ekonomi di masyarakat.
  3. Manusia yang tidak sadar lingkungan (lingkungan bio-fisik maupun sosial – budaya), manusia yang berorientasi antroposentrik dan tidak berorientasi altruistik, mempercepat kelangkaan sumberdaya yang keberadaanya memiliki keterbatasan.
Pembangunan dan konservasi
  • Pembangunan – suatu upaya mengubah keadaan terdahulu menjadi keadaan baru yang lebih baik
  • Pembangunan – termasuk mengubah sumberdaya alam (mengambil, mengolah,  menggunakan) yang ada pada lingkungan, - perlu memperhitungkan adanya keterbatasan sumberdaya alam.
  • Pembangunan – akan memiliki hasil samping yang berupa limbah, - perlu adanya upaya untuk meminimalisir atau meniadakan limbah pada setiap kegiatan .
  • Terdapat batas maksimum biomassa suatu species yang dapat didukung  oleh suatu habitat (lingkungan). 
  • Pengertian Daya Dukung Lingkungan: 
          Lingkungan: Upaya mempertahankan daya dukung lingkungan - fungsi
        Ekologi: Upaya mempertahankan keberadaan (eksistensi) setiap komponen lingkungan (alam) dari waktu ke waktu – struktural.
  • Catatan pengertian konservasi 
Perlu adanya upaya konservasi untuk menjaga sistem lingkungan dari kerusakan – yang dikenal dengan istilah konservasi (pelestarian lingkungan), baik dari sisi ekologi maupun lingkungan

 

No comments:

Post a Comment