Pages

Friday 20 April 2012

Etika Lingkungan





ETIMOLOGI, ethos (etha), “adat istiadat” “kebiasaan”.  
hidup yang baik, tata cara hidup, seseorang,masyarakat.
Ajaran bagaimana hidup secara benar..

      Dibakukan dalam bentuk kaidah, aturan, norma dikenal, dipahami, diajarkan. Kaidah,  baik-buruk perilaku, apa yang baik harus dilakukan dan apa yang buruk harus dihindari. Prinsip-prinsip moral untuk pegangan dalam menuntun perilaku..

Etika lingkungan hidup disiplin filsafat. hubungan moral manusia dengan alam semesta dan bagaimana perilaku seharusnya. Etika lingkungan memberi arahan dan rambu-rambu  bertindak atau perilaku terhadap lingkungan. Etika lingkungan disiplin ilmu yang membicarakan tentang norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dengan alam.Prinsip moral yang menjiwai perilaku dengan alam. Pola perilaku, gaya hidup dengan sesama tidak merugikan bagi alam dan lingkungannya (Sonny Keraff, 1999).

Etika lingkungan menyoroti berbagai nilai, norma, prinsip, kewajiban dan tanggung jawab moral menuntun perilaku thdp  alam lingkungan. Tercakup membahas berbagai norma, nilai, prinsip, kewajiban dan tanggung jawab yang mengatur hubungan manusia satu dengan  lainnya.

"Environmenthal ethics is characterized by deep and numerous controversies. The basic concept and catagories of ethics- “rights” “responsibilities” “utility” “the common good” and the relationsheep between these. Concepts can propvide a basis for mutual understanding and dialogue.Theories can be applied to specific situation and generate specificc recomendations(Jardin 1993: 22-23). 

Relativitas Etika Lingkungan
Alasan teori etika relevan etika lingkungan.
1.Prinsip dasar etika adalah kebenaran, tanggung jawab, pemanfaatan sumberdaya publik khusus.
2.Variasi teori etika umum berlaku pada setiap tradisi, memiliki kecenderungan sebagai satu refleksi bagaimana mereka berfikir.
3 Berlaku pada situasi khusus, dapat diangkat menjadi rekomendasi umum.
4 Sifat familiaritas teori etika, khususnya etika lingkungan, karena para pihak mengaku teori tersebut adalah miliknya

IDENTITAS SETIAP CIPTAAN
  •  MANUSIA MEMILIKI SIFAT NUTRITIVE TUMBUHAN, SIFAT APPETIVE BINATANG
  • MEMILIKI SIFAT AKAL BUDI SEBAGAI PUNCAK EVOLUSI CIPTAAN
  • IDENTITAS TUMBUHAN PUNCAKNYA BERBUAH DAN BERKEMBANGBIAK
  • IDENTITAS MANUSIA PADA PUNCAK KESADARAN TENTANG DIRINYA DI ALAM 

Download materi selengkapnya....

Mata kuliah Ilmu Lingkungan dari Bpk IGP Suryadharma (a.k.a Bpk Putu)
 

2 comments: