Kurikulum
Baru
Pemberian pengalaman
langsung pada siswa
eksplorasi lingkungan
melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, & narasumber lain, sarana
membimbing siswa secara terstruktur
seragam,
materi tertentu yang ada percobaannya, kurang variasi aktivitas, kering
aktivitas yang menantang / menarik
Menarikkah
bagi siswa ????
Minat
guru menyusun LKS ????
Ada 3 Bentuk LKS :
1. Tertutup ( Guided, Structured ).
Ciri utama :
LKS yang sangat mengikat, tidak memberi
kesempatan pada siswa untuk mengem-bangkan daya nalar dan kreativitasnya. Semua
jawaban persoalan dan konsep yang dikembangkan bersifat baku. Semua siswa yang
mengikuti alur kerja LKS ini akan memperoleh hasil yang sama.
2. Semi Terbuka (Semi Guided, Semi Structured)
Ciri utama :
Pada LKS beberapa bagiannya diserahkan pada siswa untuk
dikembangkannya. Sebagian yang lain telah disiapkan guru.
3. Terbuka
(un-Guided, un-Structured)
Ciri Utama :
LKS ini sangat terbuka dan banyak memberi kesempatan
seluas-luasnya pada siswa untuk mengembangkan daya nalar/kreativitasnya.
Apa yang
perlu disiapkan dalam menyusun LKS?
- Bagaimana karakeristik siswa yang belajar?
- Apa yang akan diperoleh siswa bila belajar menggunakan LKS?
- Bekal apa yang harus dimiliki siswa untuk bisa belajar menggunakan LKS?
- Bagaimana saya memberi kesiapan belajar pada siswa?
- Apa jenis ketrampilan yang bisa berkembang pada siswa?
- Bagaimana dampak perkembangan sikap siswa setelah belajar dengan menggunakan LKS?
- Apa yang perlu saya siapkan?
- Kapan LKS saya terapkan?
- Strategi macam apa yang perlu saya siapkan untuk melibatkan siswa belajar?
- Bentuk LKS macam apa yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa?
- Tujuan mana dalam RPP yang dapat dijang kau dengan penerapan LKS?
- Bagaimana mengukur keberhasilan belajar siswa?
Contoh format LKS-1
• Topik
• Tujuan
• Alat
dan bahan
• Cara
kerja
• Tabel/hasil
pengamatan
• Arahan
diskusi
• Simpulan
Contoh format LKS-2
• Topik
• Tujuan
• Alat
dan bahan
• Cara
kerja
• Tabel/hasil
pengamatan
• Arahan
diskusi
• Simpulan
• Masalah
baru
Contoh format LKS-3
• Masalah
• Dugaan/jawaban
sementara
• Ikuti
langkah kerja berikut
• Tabel
hasil
• Diskusi
• Simpulan
• Masalah
baru
Catatan :
- Topik atau masalah tidak boleh ditulis dalam bentuk/format yang mencerminkan jawaban persoalan yang dicari dalam belajar.
- Penempatan dan penggunaan strategi yang tepat untuk menerapkan LKS sangat menentukan keberhasilan siswa belajar.
- LKS selalu merujuk pada upaya mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam RPP.
- LKS kurang mengena bila sekedar digunakan untuk membuktikan kebenaran terhadap segala sesuatu yang telah disampaikan guru.
- Penggunaan LKS harus mampu mengembangkan ketrampilan proses untuk mencapai rumusan konsep keilmuan yang benar.
- Perbedaan temuan siswa dengan teori yang telah dikuasai guru tidak dapat digunakan untuk memvonis siswa “salah” dalam melakukan proses belajar.
- Perbedaan temuan siswa dengan teori harus disikapi secara positip oleh guru.
- Penggunaan LKS harus mampu menumbuhkan sifat ingin tahu/ motivasi belajar bagi siswa.
(a.w)
No comments:
Post a Comment