Pages

Sunday 6 May 2012

Konstruksi LKS




Kurikulum Baru

 
Pemberian pengalaman langsung pada siswa
eksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, & narasumber lain, sarana membimbing siswa secara terstruktur

 
seragam, materi tertentu yang ada percobaannya, kurang variasi aktivitas, kering aktivitas yang menantang / menarik
Menarikkah bagi siswa ????

 
Minat guru menyusun LKS ????


Ada 3 Bentuk LKS :
 
1.  Tertutup ( Guided, Structured ).
      Ciri utama :
                 LKS yang sangat mengikat, tidak memberi kesempatan pada siswa untuk mengem-bangkan daya nalar dan kreativitasnya. Semua jawaban persoalan dan konsep yang dikembangkan bersifat baku. Semua siswa yang mengikuti alur kerja LKS ini akan memperoleh hasil yang sama. 

 2. Semi Terbuka (Semi Guided, Semi  Structured)
      Ciri utama :
Pada LKS beberapa bagiannya diserahkan pada siswa untuk dikembangkannya. Sebagian yang lain telah disiapkan guru.

3. Terbuka (un-Guided, un-Structured)
    Ciri Utama :
LKS ini sangat terbuka dan banyak memberi  kesempatan  seluas-luasnya pada siswa untuk mengembangkan daya nalar/kreativitasnya.

Apa yang perlu disiapkan dalam menyusun LKS? 
  
  • Bagaimana karakeristik siswa yang belajar?
  • Apa yang akan diperoleh siswa bila belajar menggunakan LKS?
  • Bekal apa yang harus dimiliki siswa untuk bisa belajar menggunakan LKS?
  • Bagaimana saya memberi kesiapan belajar pada siswa?
  • Apa  jenis ketrampilan yang bisa berkembang  pada siswa?
  • Bagaimana dampak perkembangan sikap siswa setelah belajar dengan menggunakan LKS?
  • Apa yang perlu saya siapkan?
  • Kapan LKS saya terapkan?
  • Strategi macam apa yang perlu saya siapkan  untuk melibatkan siswa belajar?
  • Bentuk LKS macam apa yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa?
  • Tujuan mana dalam RPP yang dapat dijang kau dengan penerapan LKS?
  • Bagaimana mengukur keberhasilan belajar siswa?
 
Contoh format LKS-1
       Topik
       Tujuan
       Alat dan bahan
       Cara kerja
       Tabel/hasil pengamatan
       Arahan diskusi
       Simpulan

Contoh format LKS-2
       Topik
       Tujuan
       Alat dan bahan
       Cara kerja
       Tabel/hasil pengamatan
       Arahan diskusi
       Simpulan
       Masalah baru

Contoh format LKS-3
       Masalah
       Dugaan/jawaban sementara
       Ikuti langkah kerja berikut
       Tabel hasil
       Diskusi
       Simpulan
       Masalah baru
  
Catatan :
  1. Topik atau masalah tidak boleh ditulis dalam  bentuk/format yang mencerminkan jawaban persoalan yang dicari dalam belajar.
  2. Penempatan dan penggunaan strategi yang tepat untuk  menerapkan LKS sangat menentukan keberhasilan  siswa belajar.
  3. LKS selalu merujuk pada upaya mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam RPP.
  4. LKS kurang mengena bila sekedar digunakan untuk membuktikan kebenaran terhadap segala sesuatu yang telah disampaikan guru.
  5. Penggunaan LKS harus mampu mengembangkan ketrampilan proses untuk mencapai rumusan konsep keilmuan yang benar.
  6. Perbedaan temuan siswa dengan teori yang telah dikuasai guru tidak dapat digunakan untuk memvonis siswa salah dalam melakukan proses belajar.
  7. Perbedaan temuan siswa dengan teori harus disikapi secara positip oleh guru.
  8. Penggunaan LKS harus mampu menumbuhkan sifat ingin tahu/ motivasi belajar bagi siswa.

(a.w)






No comments:

Post a Comment